Selamat Datang
blognyaipank

Siapa, Apa Wikileaks?

Blognyaipank - Tampaknya baru-baru ini sedang panas-panasnya tentang bocornya dokumen rahasia mengenai surat diplomatik dari Amerika untuk Indonesia mengenai teroris di Indonesia dimana dokumen tersebut dibocorkan oleh Wikileaks. Siapa WikiLeaks?

Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. (wikipedia)


Tentunya dengan membocorkan dokumen-dokumen rahasia tak pelak orang dibalik WikiLeaks pasti  mendapat ancaman dari berbagai pihak. Diancam akan dibunuh, pemilik situs pembocor rahasia WikiLeaks, Julian Paul Assange, tak serta-merta menciut nyalinya. Mantan peretas berumur 39 tahun yang kini diburu Interpol itu mengatakan telah menyiapkan dokumen kunci yang disebutnya “The Cable Gate”. Dokumen ini, kata Assange, telah dikirim dalam format yang terenkripsi kepada lebih dari 100 ribu orang.

Lalu siapa penyokong dana untuk Wikileaks ini? "WikiLeaks adalah organisasi nirlaba yang didanai juru kampanye hak asasi manusia, wartawan investigasi, teknologi dan masyarakat umum," kata wikiLeaks.


2 komentar:

ajundi14 mengatakan...

wah, susah jga berhadapan dengan sesuatu lewat dunia maya. sekarang memang lagi ramai dibicarakan orang nih

Anonim mengatakan...

maju terus,kebenaran pasti menang...

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar Anda, apabila Anda tidak ingin diketahui identitasnya, Anda bisa memberi komentar sebagai Anonim. komentar yang mengandung SARA tidak akan ditampilkan.